4 Alternatif Alami Pengganti Gula Putih

4 Alternatif Alami Pengganti Gula Putih

Membatasi konsumsi gula putih sangat penting untuk kesehatan. Rekomendasi konsumsi gula putih bagi perempuan tidak lebih dari enam sendok teh dan laki-laki sembilan sendok teh per hari. Tapi bagi Anda yang suka manis tak perlu khawatir, ada alternatif alami pengganti gula putih yang menyehatkan.

Dari beberapa penelitian diketahui bahwa sejumlah alternatif alami pengganti gula putih ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Dilansir webmd.com, ini dia sejumlah pemanis alami menyehatkan dan tetap lezat untuk dinikmati.

1. Sirup Maple

Sirup maple merupakan sumber mangan yaitu mineral yang mendorong produksi energi. Selain itu sirup maple juga mengandung nutrisi riboflavin dan zinc. Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Rhode Island, sirup maple juga mengandung polyphenols yaitu antioksidan yang membantu mereduksi inflamasi pada sejumlah penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker tipe tertentu dan penyakit neurodegeneratif.

Satu sendok teh sirup maple murni mengandung 17 kalori dan 5 gram gula. Sirup maple bisa dikonsumsi dengan menyiramkannya di atas pancake atau sebagai dressing salad atau bahan perendam masakan. Selain itu sirup maple juga bisa digunakan untuk membuat kue dengan mengurangi takaran bahan cair seperti air, susu atau jus. Sirup maple juga bisa digunakan sebagai pengganti pemanis buatan seperti molasses (tetes tebu dan buah bit) dan sirup jagung.

2. Madu

Selain sebagai pemanis, madu juga memiliki manfaat bagi kesehatan, Salah satunya untuk melegakan tenggorokan dan meredakan batuk. Sebuah studi yang dilakukan Penn State College of Medicine menemukan bahwa madu dalam dosis kecil yang dikonsumsi sebelum tidur membantu meredakan batuk di malam hari dan membantu anak-anak tidur lebih nyenyak. Namun harus diketahui bahwa madu tidak boleh diberikan untuk anak-anak usia di bawah 12 bulan.

Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa madu diperkirakan memiliki peranan dalam mengelola bakteri bagus yang membantu meningkatkan imunitas. Namun hati-hati ketika membeli madu karena ada madu yang dicampur dengan gula putih atau gula jagung atau pemanis lainnya. Jadi pastikan Anda mengonsumsi madu murni.

Madu bisa dikonsumsi dengan menambahkannya ke dalam resep masakan yang lezat. Satu sendok teh madu mengandung 21 kalori dan 6 gram gula. Secara umum, setiap satu gelas gula putih bisa diganti dengan 1/2 hingga 2/3 gelas madu. Penggunaan madu juga mengurangi penggunaan cairan sekitar 1/4 gelas.

3. Truvia Nectar

Truvia Nectar merupakan campuran madu dan ekstrak daun stevia yang memiliki kadar manis dua kali dari madu atau gula putih. Jadi Anda bisa menggunakan setengah takaran truvia nectar untuk mendapatkan level manis yang sama dari satu takar madu atau gula putih.

Truvia nectar bisa digunakan untuk pengganti madu atau gula putih dalam pembuatan kue atau bisa digunakan sebagai pemanis teh, kopi, oatmeal, yogurt dan berbagai resep masakan. Satu sendok teh truvia nectar mengandung 20 kalori dan 4 gram gula.

4. Blackstrap Molasses

Blackstrap molasses merupakan pemanis hasil pengkristalan gula yang terbuat dari tetes tebu atau buah bit yang berwarna hitam. Satu sendok teh blackstrap molasses mengandung sekitar 15% zat besi yang dibutuhkan tubuh dan memiliki kandungan Vitamin B6, magnesium dan kalsium.

Satu sendok teh blackstrap molasses mengandung 20 kalori dan 5 gram gula. Rasa blackstrap molassea sedikit pahit dan kurang manis dibandingkan jenis molasses lainnya, jadi kurang sempurna sebagai pengganti gula untuk dicampur dengan minuman. Namun blackstrap molasses cocok digunakan untuk membuat muffin dan beberapa makanan kecil lain.

Aeranie Nur Hafnie

Dunia jurnalistik pernah ditekuni perempuan yang akrab disapa Ranie selama 10 tahun. Alumnus Ilmi Komunikasi FISIP UNS ini pernah menjadi jurnalis surat kabar di Solo dari tahun 2004 hingga 2015. Dia suka travelling dan selalu terpesona dengan keindahan pantai, alam bawah laut dan senja.

Related Posts