Aikido Cocok dan Aman Dipelajari Perempuan

Aikido Cocok dan Aman Dipelajari Perempuan

Tindak kejahatan dan kekerasan bisa dialami siapa pun, dimana pun dan kapan pun. Biasanya perempuan paling rentan menjadi korban tindak kriminal. Sebagai antisipasi tidak ada salahnya perempuan membekali diri dengan ilmu beladiri. Salah satu beladiri yang cocok dan aman dipelajari perempuan adalah aikido.

Selain agar bisa mempertahankan diri dari serangan lawan, mempelajari aikido juga membuat badan tetap bugar dan sehat. Aikido meupakan seni beladiri asal Jepang yang menekankan pada prinsip kelembutan. Gerakan dalam olahraga ini tidak menangkis serangan lawan atau melawan kekuatan dengan kekuatan melainkan mengarahkan serangan lawan atau kekuatan lawan untuk menaklukkan sang lawan. Hal inilah yang membuat aikido menjadi olahraga beladiri yang cocok dan aman dipelajari perempuan.

Menurut instruktur aikido di Dojo Shoshin Solo yang berafiliasi dengan Keluarga Beladiri Aikido Indonesia (KBAI), Erwina Tri, aikido merupakan olahraga yang murni beladiri di mana praktisi dilatih untuk menyelesaikan masalah ketika diserang.” Jadi sifatnya bukan reaktif tapi solutif. Intinya melumpuhkan lawan bukan menyerang balik lawan,” ujar perempuan yang akrab disapa Wina tersebut kepada aMuslima.

Menurut Wina berikut beberapa alasan kenapa aikido cocok dan aman dipelajari perempuan:

1.Tidak Membutuhkan Tenaga Besar

Aikido tidak mengutamakan energi besar karena olahraga ini lebih banyak mempelajari teknik lepasan dan kuncian yg bisa dimanfaatkan utk melumpuhkan lawan.

2. Tidak Ada Batasan Usia

Olahraga yang menekankan harmonisasi dan keselarasan antara energi ki (prana) individu dengan ki alam semesta ini bisa dipelajari semua orang di lapisan usia. Perempuan usia di atas 50 tahun masih bisa mempelajari aikido.

3. Minim Risiko Cedera

Pada dasarnya aikido dengan menekankan pada penguasaan teknik-tekniknya sangat minim risiko cedera. Cedera paling umum biasanya hanya terkilir akibat kuncian atau salah jatuh namun hal itu sangat jarang terjadi. Prinsipnya selama instruksi pelatih diperhatikan dan diikuti secara benar maka risiko cedera bisa nol.

4. Tanpa Teknik Pukulan, Tendangan dan Sapuan Kaki

Aikido aman untuk perempuan karena tidak melibatkan teknik pukulan, tendangan, atau sapuan kaki. Jika ada latihan memukul, meninju, atau menendang itu dilakukan hanya sebagai sarana untuk berlatih teknik secara berpasangan. Jadi pukulan, tendangan, tinjuan atau sapuan bukan bagian dari teknik.

Aeranie Nur Hafnie

Dunia jurnalistik pernah ditekuni perempuan yang akrab disapa Ranie selama 10 tahun. Alumnus Ilmi Komunikasi FISIP UNS ini pernah menjadi jurnalis surat kabar di Solo dari tahun 2004 hingga 2015. Dia suka travelling dan selalu terpesona dengan keindahan pantai, alam bawah laut dan senja.

Comments ( 2 )
  1. Dina
    May 9, 2016 at 2:20 am

    Halo 🙂
    Artikelnya menarik..
    Ada info tentang latihan aikido di kota solo yang khusus perempuan kah? Sebelumnya terima Kasih banyak yaa 🙂

    • Profile photo of Aeranie Nur Hafnie
      Aeranie Nur Hafnie
      August 6, 2016 at 11:59 pm

      Di solo ada mba tempat latihan untuk perempuan. Info lebih lanjut bisa hub email saya ya mba ranie78@gmail.com

Related Posts