Berkreasi di Rumah Membuat Boneka Jari

Berkreasi di Rumah Membuat Boneka Jari

Tak mudah rasanya jika kita yang mungkin terbiasa aktif di luar rumah, karena sesuatu hal pada akhirnya harus berada di dalam rumah, begitu pula sebaliknya. Tapi saya yakin, ketika kita mampu menjalankannya dengan enjoy, dan berusaha mengasah naluri kita, maka dengan sendirinya ide-ide dan kreatifitas itu akan muncul, bahkan mungkin sampai tak terbendung kita menampungnya, apalagi untuk mengerjakannya.

Jangan kuatir ya bunda, ada banyak kegiatan untuk mengisi waktu kita di rumah. Mulai dari beres-beres, mencuci, memasak, menyetrika, eeh.. kalau itu kerjaan rutin kita yaa.. :))
Sebenarnya ada banyak lagi kegiatan yang cukup mengasyikkan, yang bisa kita lakukan di sela-sela waktu kita, seperti menghafal Qur’an, menjahit, menulis, melukis, menghias rumah, mencoba resep-resep baru, dan lain sebagainya.

Buat saya yang punya anak kecil, berkreasi sambil ditemani anak itu sesuatu yang menyenangkan. Bahkan tak jarang, ide itu muncul ketika anak menginginkan sesuatu yang bisa dia mainkan. Seperti saat ia mendengarkan lagu “Finger Family”. Dia pun lantas berkata, “mamah, aku mau finger family”. Maka, terlintaslah dalam pikiran saya, bagaimana kalau saya buatkan ia boneka jari, pasti lucu sekaligus mengajarkan sosok sebuah keluarga.

Lalu mulailah saya hunting kain felt/flannel, kainnya yang berwarna-warni pasti akan membuat anak semakin tertarik. Dan cara menjahitnya pun mudah, bisa dengan jahit tangan. Tidak perlu bingung mana bagian luar, dan mana bagian dalam, seperti kalau kita akan menjahit pakaian.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang kita butuhkan juga sangat mudah didapat, yaitu:

1. Kain felt/flannel bermacam-macam warna
2. Kertas dan pinsil untuk membuat pola
3. Gunting
4. Lem
5. Jarum
6. Benang sulam

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Cara Membuat

  1. Pertama-tama kita tentukan tema dulu, finger family nya berbentuk keluarga muslim, keluarga Jepang, orang-orang yang berpakaian sesuai profesi, berbentuk hewan, buah, atau berbentuk kendaraan.Di sini saya memilih membuat boneka jari keluarga muslim.
  2. Setelah itu, kita buat pola di atas kertas yang terdiri dari pola ayah, ibu, anak laki-laki, anak perempuan, dan bayi.
  3. Lalu kita gunting pola ayah tersebut dan kita letakkan kertasnya di atas kain flannel.
  4. Kemudian kita gunting kain tersebut sesuai dengan polanya.
  5. Selanjutnya, gunting lagi kain flannel yang kedua yang berbentuk ayah, jadi kita buat rangkap. Oh iya, besarnya disesuaikan dengan ukuran jari yaa dan yang perlu dingat, kalau kita salah mengguntingnya, maka saat kita jahit nanti hasilnya juga akan berbeda. Jadi harus hati-hati saat menggunting kainnya.
  6. Lakukan pula hal yang sama untuk pola ibu, dan anak-anak.
  7. Flannel bagian depan, bisa kita hias dulu dengan menggunakan jarum dan benang hitam untuk membuat alis, mata, hidung, dan mulut.
  8. Kemudian barulah kita jahit sisi-sisinya dengan cara jahit festoon, model jahitan seperti ini kadang digunakan tepi kain sebagai pengganti jahit obras agar kain bagian tepinya tidak terurai. Bisa juga kita gunakan tusuk jelujur. Tidak masalah kita mau menggunakan cara menjahit yang seperti apa, asalkan tampak rapih. Oh iya, jangan sampai keterusan yaa.. saking asyiknya menjahit, akhirnya lubang untuk tempat jarinya pun kita jahit, hahaha…
  9. Nah, setelah selesai menjahit tepinya, barulah kita hias kembali bagian depannya untuk diberikan baju, sarung, dan kopiah untuk ayah, dengan cara kita lem. Dan untuk ibu, kita buatkan gamis dan jilbab cantik dengan warna senada, untuk anak laki-lakinya kita beri baju dan celana dengan hiasan saku. Anak perempuannya, kita pakaikan juga busana muslimah dengan diberi hiasan pita di jilbabnya. Sedangkan untuk bayi, bisa kita buat seolah bayi yang “dibedong” atau diselimuti kain.

Taraaa… jadilah boneka jari, finger family nyaa… hingga kitapun bisa asyik bermain dengan anak kita sambil bernyanyi

“Daddy finger, daddy finger where are you? Here I’m, here I’m, how do you do?…”
“Mommy finger, mommy finger where are you? Here I’m, here I’m how do you do?…”

Kalau temanya buah, maka lagunya pun bisa kita ubah,

“Strawberry finger, strawberry finger where are you? Here I’m, here I’m, how do you do?…”

Seru kaan.. kita jadi bisa sekaligus mengajarkan pada anak-anak kita, nama-nama buah, nama-nama hewan, kendaraan, dan lain-lainnya. Kitapun bisa menyusun sebuah cerita dengan menggunakan media dari boneka jari ini.

Semoga bermanfaat yaa…

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts