Berkreasi Membuat Dompet Multifungsi

Berkreasi Membuat Dompet Multifungsi

Apa kabar bunda dan ukhty sholihah?.. 🙂 Kali ini saya ingin berbagi tentang, bagaimana cara berkreasi membuat sebuah wadah pernak pernik yang cukup simpel. Bagi bunda dan ukhty yang senang berkreasi, tidak ada salahnya bukan kalau kita ingin mencoba sesuatu yang berbeda? Apa itu yaa?.. Sebelum saya beritahu, coba diingat-ingat dulu, pernah tidak bunda & ukhty kebingungan saat mencari hp, charger, headset, powerbank di dalam tas? Mencari bedak, lipstick, eye shadow, dan lain-lainnya? Merogoh-rogoh sampai ke sudut-sudut tas? Walhasil karena susah mendapatkannya, dibaliknyalah tas kita hingga keluar seluruh isi-isinya…. bete banget kaan.. :). Padahal kondisi kita sedang terburu-buru. Naaah, bagaimana kalau kita berkreasi membuat dompet multifungsi yang cantik? Dompet ini nantinya bisa bunda dan ukhty letakkan di dalam tas, untuk tempat peralatan yang kecil-kecil namun sangat sering kita perlukan.

Ini lho, bahan-bahan dompet multifungsi yang kita butuhkan :

  1. Kain polos atau motif
  2. Busa tipis
  3. Resleting, disesuaikan dengan ukuran dompet yang ingin kita buat. Di sini saya menggunakan resleting ukuran 20cm.
  4. Pita kain satin untuk variasi.
  5. Jarum jahit
  6. Benang
  7. Gunting
  8. Mesin jahit. Atau kalau ingin jahit dengan tangan juga bisa kok!

Setelah siap semua bahannya, langkah-langkah pembuatan dompetnya seperti ini ya bun, ukh..

  1.  Potong kain ukuran 23x15cm.
    Kalau ingin dompet lebih kecil atau lebih besar, ukuran bisa disesuaikan.
  2. Potong busa tipis dengan ukuran yang sama. Lalu letakkan busa di bagian dalam kain (kain nampak dalam).
  3. Pasang resleting pada kain seperti tampak pada gambar, beri jarum pentul agar tidak mudah bergeser. Lalu, kita jahit jelujur, yaitu jahitan berjarak renggang sekedar untuk menempelkan resleting pada kain. Agar saat kita jahit nanti dengan mesin, letaknya tetap dan tidak berubah.
  4. Setelah siap, kita mulai menjahit resletingnya dengan mesin jahit. Kita gunakan untuk yang jahit lurus yaa.. Jahit lagi resleting untuk sisi yang satunya.
  5. Kemudian kita siapkan lagi kain dengan ukuran 24×4 cm yang akan kita gunakan untuk talinya. Lipat sisi-sisi panjangnya ke dalam, lalu kita lipat jadi dua. Jahit sisi tepi yang ada lipatannya tadi. Hasilnya akan tampak seperti pada gambar.
  6. Letakkan tali di dalam dompet bagian sisi nampak depan (luar). Namun posisi kain yang akan kita jahit tetap nampak dalam. Sisipkan tali di bagian kiri kain, di bagian atas. Beri jarum pentul atau jelujur bagian dompet yang ada talinya, agar mudah saat menjahitnya nanti.
  7. Selanjutnya kita jahit sekeliling sisi dompet, selain sisi resleting. Sisi yang ada talinya juga kita tindas. Bagian paling tepinya bisa kita obras, atau kita jahit lurus lagi, sisanya kita gunting lalu buang. Atau kita jahit festoon, agar kain tidak mudah tercerabut.
  8. Setelah selesai kita balikkan bagian dalamnya ke luar. Naah.. dompet multifungsinya sudah nampak kaan..
  9. Untuk sentuhan terakhir, gunting kain pita kira-kira ukuran 13 cm, lalu bentuk menyerupai pita. Lalu kita tempelkan pita tersebut di atas dompet dengan cara dijahit tangan.

Wooow.. dompet multifungsinya dah jadii.. cantik yaa.. meskipun sederhana tapi sangat berarti karena dijahit dengan penuh cinta dan kesabaran ^_*

Dan yang pasti sangat bermanfaat, bisa untuk tempat make-up, tempat bros-bros, uang, atau juga tempat hp plus teman-temannya, hihi..
Oh iya, satu lagi, karena dompet ini ada talinya, bunda dan ukhty juga bisa membawanya dengan menenteng talinya. Cukup simpel bukan?..

Selamat mencoba yaa bunda dan ukhty cantik.. :*

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts