Bolehkah Mencicipi Makanan Saat Berpuasa?

Bolehkah Mencicipi Makanan Saat Berpuasa?

Ketika sedang menjalankan puasa, sering kita memasak makanan bagi keluarga ragu apakah masakan kita cukup bumbunya, atau rasanya keasinan, kemanisan sehingga akhirnya tidak enak dan keluarga tidak selera memakan makanan yang dihidangkan. Sebenarnya bagaimana hukumnya dalam Islam bila kita terpaksa harus mencicipi makanan sementara kita masih berpuasa?

Sekelompok ulama menganggap bahwa mencicipi makanan yang dimasaknya selagi berpuasa diperbolehkan asal jangan sampai tertelan. Seperti yang disebutkan oleh Ibnu Abbas:

“Tidak mengapa seseorang yang sedang berpuasa mencicipi cuka atau sesuatu, selama tidak masuk sampai ke kerongkongan.” (HR. Ibnu Abi Syaibah dalam Mushonnaf no. 9277. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ no. 937 mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan,
“Mencicipi makanan terlarang bagi orang yang tidak memiliki hajat, akan tetapi hal ini tidak membatalkan puasanya. Adapun untuk orang yang memiliki hajat, maka hukumnya seperti berkumur-kumur.” (Majmu’ Fatawa, 25/266-267, Maktabah Syamilah)

Namun ulama yang lain menganggap bahwa hal ini makruh.

Wallahu A’lam

 

Sumber hadits dan fatwa: Mencicipi Makanan Ketika Berpuasa oleh Ust. Muhammad Abduh Tuasikal

Delina Partadiredja

Menulis sudah menjadi bagian hidupnya sejak masih duduk di bangku SD. Mulai SMA, Delina aktif menyumbangkan tulisannya di majalah sekolah dan majalah dinding. Setelah lulus SMA, Delina melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi, UGM Yogyakarta, kemudian MBA Finance di University of Leicester. Dunia jurnalistik dipelajari secara otodidak dan langsung terjun membuat tabloid saat masih kuliah berkolaborasi dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Delina sempat aktif menulis di Eramuslim.com, beberapa buku antologi telah diterbitkan seperti Menembus Batas Logika (eramuslim), Sedekah Senyum (bersama dengan Asma Nadia dan diterbitkan oleh Republika), dan the Muslimah Speaks (Mindswork Publishing). Kini Delina tinggal di Saudi Arabia. Bersama partnernya Gemi Hartojo dan didukung oleh para penulis yang berasal dari banyak negara membesarkan amuslima.com versi Bahasa Inggris serta indo.amuslima.com. Email: delina@amuslima.com FB: Delina Partadiredja Twitter: DelinaDelina Linkedln: Delina Partadiredja Skype: Delina Partadiredja

Related Posts