Fakta Apel Hijau Untuk Turunkan Berat Badan

Fakta Apel Hijau Untuk Turunkan Berat Badan

Diet menurunkan berat badan memang tidak tergantung hanya dengan mengonsumsi satu jenis makanan. Namun mengonsumsi lebih banyak makanan tertentu seperti apel hijau bisa membantu seseorang mengurangi berat badan yang berlebihan melalui diet yang sehat. Berikut ulasan mengenai fakta apel hijau untuk turunkan berat badan.

Pada umumnya buah apel apa pun jenisnya bisa membantu diet penurunan berat badan. Dilansir livestrong.com, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal nutrisi pada Maret 2003 menemukan bahwa orang yang memakan tiga buah apel atau tiga buah pir per hari sebagai bagian dari pengurangan kalori diet mengalami penurunan berat badan lebih banyak daripada mereka yang menjalani diet serupa tapi lebih banyak mengonsumsi cookies gandum ketimbang memperbanyak makan buah.

Karena itulah dalam menu diet, apel terutama apel hijau biasa menjadi pilihan utama untuk dikonsumsi. Dalam penurunan berat badan, apel dibutuhkan untuk menggantikan makanan yang tinggi kalori. Namun bukan berarti Anda hanya makan apel hijau, namun ketika mengonsumsinya dalam jumlah wajar, mengonsumsi apel hijau bisa memainkan peran besar dalam usaha Anda melakukan diet sehat menurunkan berat badan.

Kenapa apel bisa membantu menurunkan berat badan? Salah satu alasannya karena apel memiliki kandungan serat tinggi. Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan Nutrition Bulletin pada Maret 2007, makanan dengan kandungan serat tinggi bisa membantu mengurangi risiko obesitas dalam tiga cara. Pertama, makanan tinggi serat butuh dikunyah lebih lama, di mana hal ini meningkatkan jumlah air liur yang tercampur dengan makanan yang membuat makanan lebih mengenyangkan.

Kedua, serat bisa menghasilkan keseimbangan absorsi lebih baik karena mengonsumsi makanan tinggi serat berarti tubuh Anda akan menyerap lebih sedikit kalori ketimbang mengonsumsi makanan rendah serat. Ketiga, makanan tinggi serat mengandung kalori dalam jumlah rendah. Nah, apel hijau merupakan salah satu jenis makanan tinggi serat yang mengandung hampir 5 gram serat per satu buah apel hijau ukuran sedang beserta kulitnya. Sementara kebutuhan serat yang direkomendasikan adalah 25 gram serat per hari.

Apel hijau juga rendah kalori sehingga bagus untuk dimasukkan dalam menu diet pengurangan berat badan. Dalam sebuah jurnal Academy of Nutrition and Dietetics yang terbit Mei 2012, makanan rendah kalori bisa membantu penurunan berat badan karena Anda bisa mengonsumsi jenis makanan ini lebih banyak namun asupan kalorinya tetap rendah dan membantu perut kenyang lebih lama.

Selain itu apel hijau juga mengandung polyphenols yang membantu meningkatkan hasil dalam penurunan berat badan. Polyphenols merupakan zat kimia tumbuhan yang bermanfaat dan berperan sebagai antioksidan serta membantu mengurangi kerusakan sel tubuh dari paparan radikal bebas.

Agar apel hijau bisa berperan maksimal dalam diet penurunan berat badan, sebaiknya konsumsi apel sekitar 15 menit sebelum makan. Jeda waktu ini bisa membantu Anda mengonsumsi kalori lebih sedikit saat Anda makan.

Aeranie Nur Hafnie

Dunia jurnalistik pernah ditekuni perempuan yang akrab disapa Ranie selama 10 tahun. Alumnus Ilmi Komunikasi FISIP UNS ini pernah menjadi jurnalis surat kabar di Solo dari tahun 2004 hingga 2015. Dia suka travelling dan selalu terpesona dengan keindahan pantai, alam bawah laut dan senja.

Related Posts