Idul Adha 2015

Idul Adha 2015

Hari Kamis tanggal 24 September bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah merupakan hari yang ditunggu-tunggu umat Islam sedunia, Idul Adha 2015. Umat islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa sehari sebelum hari raya  bagi yang tidak berhaji, serta menyembelih binatang qurban. Pada hari Raya Idul  Adha seluruh Muslimin dan Muslimat laki-laki dan perempuan, tua muda bersama-sama melakukan sholat Eid dua raka’at serta perbanyak bacaan takbir, tahlil, tahmid.

Terdapat perbedaan pendapat mengenai sholat Ied di luar rumah bagi wanita. Sebagian ada yang mengatakan makruh, namun sebagian besar ulama menolak pendapat tersebut  berdasarkan riwayat berikut:

Dari Ummu ‘Athiyah (RA), ia berkata: Kami diperintahkan Rasulullah (SAW) agar menyuruh keluar kaum wanita pada Hari Raya Fitrah dan Adha, yaitu anak-anak remaja putri, perempuan-perempuan yang sedang haid dan mereka yang tinggal dalam pingitan. Bagi yang sedang haid hendaklah menjauhi sholat –dan menurut suatu lafadz lain: menjauhi tempat sholat – dan mendengarkan khutbah dan da’wah kepada kaum muslimin.

Saya (Ummu ‘Athiyah) berkata: “Ya Rasulullah, salah seorang dari kami ada yang tidak punya jilbab” Jawab Rasul: “Saudaranya hendaklah memberinya pakaian.”

Dan dalam riwayat lain:

“Dan wanita haid berada di belakang jamaah, mereka ikut bertakbir bersama saudaranya sesama wanita.”

Sedang menurut Al-Bukhari:

“Ummu ‘Athiyah berkata: “Kami diperintahkan menyuruh keluar wanita yang sedang haid, untuk kemudian mereka bertakbir bersama takbir kaum lelaki.”

Wallahu ‘alam bi showab

Eid Mubarak!

Source: Fiqhul Mar’ah Al-Muslimah by Ibrahim Muhammad Al-Jamal

Delina Partadiredja

Menulis sudah menjadi bagian hidupnya sejak masih duduk di bangku SD. Mulai SMA, Delina aktif menyumbangkan tulisannya di majalah sekolah dan majalah dinding. Setelah lulus SMA, Delina melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi, UGM Yogyakarta, kemudian MBA Finance di University of Leicester. Dunia jurnalistik dipelajari secara otodidak dan langsung terjun membuat tabloid saat masih kuliah berkolaborasi dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Delina sempat aktif menulis di Eramuslim.com, beberapa buku antologi telah diterbitkan seperti Menembus Batas Logika (eramuslim), Sedekah Senyum (bersama dengan Asma Nadia dan diterbitkan oleh Republika), dan the Muslimah Speaks (Mindswork Publishing). Kini Delina tinggal di Saudi Arabia. Bersama partnernya Gemi Hartojo dan didukung oleh para penulis yang berasal dari banyak negara membesarkan amuslima.com versi Bahasa Inggris serta indo.amuslima.com. Email: delina@amuslima.com FB: Delina Partadiredja Twitter: DelinaDelina Linkedln: Delina Partadiredja Skype: Delina Partadiredja

Related Posts