Kreasi Bunga Dari Botol Plastik

Kreasi Bunga Dari Botol Plastik

Bunda dan ukhti sholihah punya botol-botol plastik bekas yang masih berserakan setelah acara? Yuk kita kumpulkan!
Mau dibuang? Bukaan. Daripada membuang begitu saja limbah botol plastik itu, ada baiknya kita manfaatkan. Ada banyak kreasi yang bisa kita ciptakan dari botol-botol plastik tersebut seperti yang akan saya sampaikan di sini, yaitu membuat rangkaian bunga dari botol plastik.

Caranya mudah kok bun, hanya perlu kesabaran dan ketelatenan dalam pembuatannya.

Langsung saja kita kumpulkan bahan-bahannya ya, yaitu :

1. Botol plastik bekas
2. Gunting dan cutter
3. Cat bermacam-macam warna
4. Kawat
5. Lilin
6. Korek api
7. Lem

Untuk tahap pembuatannya adalah sebagai berikut :

1. Potong bagian bawah botol plastik
2. Gunting di antara beberapa lekukan yang ada, gunting plastik menyerupai mahkota bunga.
3. Lakukan hal yang sama pada beberapa botol plastik lainnya.
4. Setelah terkumpul, nyalakan lilin. Panaskan sisi-sisi mahkota bunga agar membentuk lekukan yang memberikan kesan alami.
5. Jika ingin warna asli dari botolnya juga bisa. Atau kalau kita ingin warna lain, dapat kita cat dengan warna yang sesuai dengan keinginan kita.
6. Setelah selesai membuat mahkota bunganya. Siapkan kawat untuk tangkainya. Gunting botol plastik berwarna hijau dengan ukuran persegi panjang, menjadi beberapa helai. Lilitkan plastik berbentuk persegi panjang tadi ke kawat sambil dipanaskan di atas lilin. Lilitkan seperti kita melilitkan pita hijau ke kawat bunga. Hati-hati tangannya terkena api ya bun.
7. Tekuk bagian ujung kawat atas lalu panaskan, biarkan agak lama sedikit agar ujung kawat benar2 telah menyerap panas. Setelah itu tusukkan ke bagian belakang bunga tepat di tengahnya.
8. Gunting kembali botol plastik hijau membentuk helai daun. Panaskan sisi-sisi daun agar tidak tajam dan memberi kesan natural. Panaskan beberapa saat terutama di bagian pangkal daun dan langsung tempelkan ke bagian tangkainya. Jika merasa kesulitan, bisa dibantu dengan menggunakan lem.
9. Satukan tangkai bunga dengan tangkai bunga lainnya dengan melilitkan plastik hijau persegi panjang sambil dipanaskan diatas lilin. Lakukan hingga menjadi rangkaian bunga yang cantik.

Rangkaian bunga dari botol plastik bekas sudah jadi untuk memperindah rumah. Sekarang bunda dan ukhti sholihah bisa meletakkannya di atas meja, di sudut ruangan, atau di atas rak buku. Yuk dicoba bunda.

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts