Kreasi Nasi Tim Ayam Jamur Untuk Ananda

Kreasi Nasi Tim Ayam Jamur Untuk Ananda

Anak-anak biasanya suka dengan ayam goreng. Sekali-sekali menu ayam bisa kita kombinasikan dengan jamur, tekstur jamur yang kenyal membuat padanan ayam dan jamur ini menjadi pas, apalagi ditambah dengan bumbu dan rempah-rempah serta kecap yang banyak disukai anak-anak. Yuk, kita coba membuat nasi tim ayam jamur.. 😍

Dengan siraman kaldu ayam hangat, membuat selera makan semakin meningkat. Dan ternyata kaldu ayam ini sangat baik untuk menurunkan demam anak. Sehingga sangat cocok diberikan kepada anak yang sedang kurang selera makan karena kondisi fisik sedang menurun.

Langsung saja kita siapkan bahan-bahannya ya bun..

Untuk nasi tim ayam jamur :
1. 300 gr beras
2. 500 gr daging ayam
3. 200 gr jamur merang
4. 1 buah bawang bombay / 6 siung bawang merah
5. 5 siung bawang putih
6. 1 cm jahe haluskan
7. Merica bubuk secukupnya
8. Kecap manis secukupnya
9. Minyak wijen secukupnya
10. Gula secukupnya
11. Garam secukupnya
12. Mentega/minyak untuk menumis

Untuk kuah sop :
1. Kuah kaldu
2. 5 siung bawang putih
3. Merica bubuk secukupnya
4. Pala bubuk secukupnya
5. Wortel, potong-potong
6. Daun bawang, seledri

Cara membuat :
1. Potong daging ayam kotak-kotak. Sisihkan. Jika ada tulangnya, rebus tulang ayam hingga menghasilkan kaldu. Rebus bersama bawang putih, sedikit merica dan minyak wijen. Sisihkan.

2. Jamur merang belah empat. Sisihkan.

3. Panaskan mentega/minyak, tumis bawang bombay/bawang merah dan bawang putih hingga harum, tambahkan jahe dan merica bubuk. Masukkan ayam dan jamur, tambahkan kecap manis, minyak wijen, gula dan garam. Masak hingga matang.

4. Cuci beras hingga bersih, tiriskan.

5. Siapkan wadah atau pinggan tahan panas berupa mangkuk-mangkuk kecil. Masukkan tumisan ayam, ratakan. Taruh kira-kira 4 sdm beras di atasnya, tambahkan air kaldu sampai hampir memenuhi mangkuk.

6. Panaskan alat pengukus, lalu letakkan mangkuk-mangkuk nasi tim ayam jamur. Kukus kurang lebih 30 menit.

7. Kuah sop : Sementara itu siapkan kuah kaldu yang masih tersisa, angkat tulang ayamnya. Tambahkan air, lalu masak seperti kita membuat sayur sop, tambahkan bawang putih yang sudah dimemarkan, masukkan irisan wortel, tambahkan merica bubuk, pala bubuk, garam. Masak hingga matang.

8. Siapkan piring saji. Balikkan mangkuk nasi tim. Sehingga tumisan ayam jamur nampak di bagian atas.
Siapkan pula mangkuk untuk kuah sop, lalu taburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Hidangkan bersama kerupuk sebagai pelengkap.

Bagaimana bunda?.. Semoga ananda suka yaa.. Untuk bunda, bisa ditambahkan sambal, sebagai penambah selera.

Selamat menikmati 😊

 

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts