Membuat Bento Spiderman Untuk Bekal Sekolah

Membuat Bento Spiderman Untuk Bekal Sekolah

Bosan dengan bekal atau menu makanan yang itu-itu saja buat ananda? Nuget, sosis, biskuit, dan susah makan sayur?

Tidak usah bingung bunda. Yuk  berkreasi dengan mencoba menyajikan bekal sekolah untuk Si Kecil dengan cara yang berbeda. Misalnya dengan membuat bento berbentuk karakter kartun ala chef rumahan.

Di artikel ini saya mencoba membuat bento dengan tema film yang saat ini sedang tren yaitu Spiderman. Ide membuat bento Spiderman datang dari keponakan saya. Wah boleh dicoba nih.
Saya juga akan membuat bento dengan tema Tayo The Little Bus, film yang juga sedang digemari anak-anak.

Bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat bento Spiderman ini di antaranya yaitu :

* Beras, dimasak menjadi nasi.
* Nori / rumput laut (seaweed)
* Telur
* Sayuran : wortel, jagung manis, brokoli, kentang.
* Sosis / nuget yang bersertifikasi halal
* Pewarna makanan atau pewarna alami
* Garam dan lada
* Minyak untuk menggoreng

Cara membuat :

1. Kukus telur, jagung manis dan brokoli.
2. Bentuk sosis seperti bunga atau sesuai selera, lalu goreng. Angkat dan tiriskan
3. Kocok telur dengan menggunakan pewarna merah, atau gunakan saos tomat, tambahkan garam dan lada.
Lalu buat dadar tipis. Angkat.
4. Siapkan nasi, cetak dengan mangkuk. Letakkan dadar tadi di atas nasi. Sebagai wajah spiderman.
Bisa juga jika bunda membuat nasi goreng saos tomat, lalu cetak membentuk wajah/kepala spiderman.
5. Potong nori tipis-tipis letakkan di atas wajah spiderman, buat menyerupai sarang laba-laba. Ambil telur rebus, lalu ambil putihnya bentuk sedemikian rupa hingga menyerupai mata. Lalu letakkan di bagian wajah spiderman.
6. Tata jagung manis, brokoli, sosis, agar nampak cantik. Taruh sisa potongan telur rebus di atas jagung dan bentuk menyerupai laba-laba.
7. Untuk tahap akhir beri hiasan irisan telur rebus di samping bento nasi Spiderman.

Yes! Bento Spiderman untuk bekal Si Kecil sudah jadi. Siap disajikan sebagai bekal sekolah ananda. Bisa pula untuk variasi makan ananda di rumah bersama keluarga.

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts