Membuat Bros Bunga dari Akrilik

Membuat Bros Bunga dari Akrilik

Jumpa lagi bunda & ukhty shalihah pembaca setia aMuslima. Sudah siap untuk berkreasi lagi? Kali ini kita akan mencoba membuat bros dari bahan acrylic yaa.

Sebelumnya, kita perlu tahu dulu apa itu akrilik (acrylic). Acrylic adalah sejenis plastik yang menyerupai kaca. Jenisnya pun bermacam-macam, namun di sini saya hanya akan mengenalkan nama-nama bentuk acrylic yang akan digunakan untuk membuat bros bunga.

Nama-nama bentuknya saya dapat dari bapak penjual bahan-bahan pembuatan bunga dari bahan acrylic ini, yang sabar dan telaten menerangkannya termasuk bagaimana bapak ini membesarkan anak-anaknya dari hasil penjualan benda-benda imut nan indah ini.

Bentuk dan ragam warna akrilik yang cantik serta bening membuat saya begitu tertarik. Karena ternyata bukan hanya untuk membuat bros bunga tapi bisa untuk membuat rangkaian bunga, tempat tisu, gantungan kunci, dan benda-benda lucu seperti boneka, hewan, buah, serta tas tangan.

Yuk deh langsung saja kita coba bagaimana cara membuatnya:
Pertama-tama, kita siapkan bahan-bahannya, yaitu:

Bahan-bahan untuk pembuatan bros

1. Berbagai macam bentuk akrilik, seperti dahlia, liontin, tetes, diamond, tapak kuda, keripik dan lainnya. Tapi di sini saya hanya menggunakan empat bentuk akrilik, yaitu dahlia, liontin, tetes, dan diamond.
2. Tali senar
3. Gunting
4. Peniti bros

Bros bunga acrylic

Setelah siap bahan-bahannya, kita mulai step by step pembuatannya ya bunda. Ini dia cara membuatnya:
1. Gunting tali senar dengan panjang kira-kira 35-40cm.
2. Masukkan dahlia, liontin, dan tetes secara berurutan ke dalam tali senar melalui lubang yang ada.
3. Masukkan ujung tali senar yang lainnya melalui lubang dari arah yang berlawanan secara silang, sehingga ketiga akrilik tadi membentuk kumpulan yang terikat.
4. Ambil tali senar yang mengarah ke bawah, lalu masukkan kembali dahlia, liontin dan tetes secara berurutan. Masukkan tali senar dari arah atas dan tusukkan ke dalam lubang dari arah berlawanan secara menyilang.
Satukan dengan rangkaian akrilik pertama tadi dengan menarik tali senar.
5. Lakukan hal yang sama pada rangkaian ke-3 hingga ke-5 atau ke-6. Bisa bunda sesuaikan dengan besar bros yang bunda inginkan ya.
6. Pertemukan rangkaian pertama dengan rangkaian ke-6 dengan cara memasukkan tali senar sesuai dengan arahnya. Tali senar yang berada di atas dimasukkan ke dalam lubang rangkaian pertama, lalu tarik menuju arah bawah. Begitu juga sebaliknya tali senar yang mengarah ke bawah dimasukkan ke dalam lubang rangkaian akrilik pertama, tarik menuju arah atas.
7. Tali senar yang mengarah ke bawah dimasukkan melalui lubang acrylic dari sisi yang berseberangan dengan tali senar yang lain menuju arah atas.
8. Kemudian, kedua tali senar yang telah muncul di bagian atas salah satunya kita masukkan diamond, dan ujung senar yang lainnya kemudian kita masukkan secara silang. Tarik, lalu masukkan ujung kedua tali senar ke arah bawah.
9. Siapkan peniti brosnya lalu ujung-ujung senar yang tadi, kita masukkan ke dalam lubang yang ada dalam peniti bros. Lalu kita ikat kuat-kuat. Boleh 2 sampai 3 kali ikatan. Sisipkan sisa senar ke dalam lubang-lubang peniti dan kita gunting sisanya.

 

Abrakadabraa, bros bunga akriliknya sudah jadi. Langsung kita sematkan di jilbab kita yuuk. Waah bunda dan ukhty sholihah makin cantik kaan. Subhanallaah.

Gak percaya, tanya saja sama mirror mirror on the wall. Tapi jangan lupa sambil baca doanya juga yaa. Allahumma kamaa ahsanta khalqiy fahassin khuluqiy. Aamiin.

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts