Membuat Bros Bunga Dari Kain Perca

Membuat Bros Bunga Dari Kain Perca

 

Buat para muslimah serta bunda sholihah yang senantiasa menggunakan kerudung atau jilbabnya, seringkali ingin menyematkan sebuah bros (brooch) di jilbabnya. Benda kecil yang satu ini, meskipun bentuknya kecil tapi sangat bermanfaat. Bukan hanya sebagai penghubung antar kain bagi penutup kepala agar tampak rapih, tapi sekaligus juga mempunyai daya tarik tersendiri untuk mempercantik penampilan. Tapi bukan berarti kita jadi pamer kecantikan atau penampilan yaa… hehehe…

Nah, kali ini kita akan membuat bros bunga sendiri. Bahan yang kita gunakan adalah kain perca. Kain perca itu apa sih yaa?.. Kain perca itu adalah sisa-sisa kain atau potongan-potongan lebihan kain yang sudah tidak terpakai. Misalnya saat kita menjahit baju, tentunya akan ada potongan-potongan kain yang tersisa, nah kain-kain yang tersisa inilah yang kita istilahkan dengan kain perca, yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat bros.

Di sini saya menggunakan kain perca dari batik. Motif batik ini sudah semarak, jadi tidak perlu ditambahkan macam-macam warna, hanya perlu diberi sentuhan sedikit warna polos, bisa mute atau manik-manik seperti mutiara untuk di tengah bunga (putik) atau dengan kancing.

Inilah beberapa langkah cara membuat bros bunga dari kain perca.
Pertama-tama yang perlu kita siapkan adalah bahan-bahan, yang terdiri dari :
• Kain perca
• Kertas dan pensil
• Gunting
• Jarum
• Benang
• Kain flanel
• Kertas karton
• Mute/manik-manik/kancing
• Peniti
• Lem

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan dan potongan pertama

Berikut, adalah cara membuatnya :

  1. Buat pola mahkota
  2. Guntinglah potongan kain membentuk helaian mahkota bunga sebanyak 10 lembar
  3. Ambil 2 lembar kain mahkota, tangkupkan sehingga sisi muka/sisi luar menjadi berada di dalam
  4. Jahit sisi tepi kain mahkota, bisa dengan jahit mesin atau jahit tangan dengan cara tusuk jelujur. Biarkan bagian bawahnya terbuka. Untuk membalikkan bagian luarnya nanti.
  5. Lakukan hal yang sama pada lembaran kelopak lainnya, sehingga di dapat 5 helai mahkota bunga
  6. Balikkan dari arah bawah yang terbuka tadi, sehingga sisi dalam berada pada posisi yang sesungguhnya. Dan kain dengan sisi luar berada di luar.
  7. Selanjutnya, sambungkan tiap helai mahkota dengan cara menjahit lurus, kemudian kita tarik, dan serut untuk mempertemukan kedua sisinya, jahit lagi sedikit agar tersambung dengan sisi yang satunya, maka akan terbentuklah mahkota bunga yang sudah jadi.

    Jahitan pertama, dan setelah disusun membentuk bunga

    Cara menjahit mahkota  dan susunan mahkota membentuk bunga

  8. Untuk membuat putik, kita bisa meletakkan mute/manik-manik, atau juga kancing, yang kita jahit melalui lubang dari mute atau kancing tersebut. Sudah mulai Nampak kan?
  9. Untuk tahap akhir, buat lingkaran dari kain flannel, beri kertas karton di tengahnya dengan diameter yang lebih kecil dari lingkaran kain flannelnya. Kemudian lapisi kembali dengan kain flannel, dan kita jahit sisi tepinya dengan jahit festoon.
  10. Setelah selesai, gabungkan bunga dengan tatakan flannel tadi dengan cara dijahit. Bisa juga kalau kita ingin hanya di lem saja. Tapi tentunya kalau dijahit akan lebih kuat.
  11. Dan yang paling akhir, adalah menempelkan peniti di bagian belakangnya dengan lem.

Kita juga bisa membuat bros bunganya dengan bentuk yang berbeda.

img_6285

Model bunga lain

Untuk membuat model bunga yang lain, cukup dengan membuat lingkaran pada pola kain untuk mahkota, kita lipat menjadi bentuk ¼ lingkaran. Buat sebanyak 5-6 helai mahkota, kemudian gabungkan seperti cara di atas, pertemukan sisinya lalu tarik dan serut, jadilah rangkaian mahkota bunga. Lalu beri mute/manik-manik/kancing di bagian tengah, beri tatakan untuk bunganya, dan terakhir beri peniti.

Yeaaay… jadi deeeh.. bros bunga dari kain perca, made in bunda cantik nan sholihah…

Bagaimana, cantik kaan?… Sederhana, tapi hasil kreasi sendiri. Buat putri-putri kita yang sedang belajar menggunakan jilbab juga pasti sangat cantik jika menggunakan bros ini. Ketika teman-temannya bertanya, bros kamu kok lucu, beli dimana?.. Dan putri bunda akan dengan bangga menjawab: “Buatan bundaku dooong..”

Selamat berkreasi bunda…

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts