Membuat Nasi Liwet Praktis Dengan Rice Cooker

Membuat Nasi Liwet Praktis Dengan Rice Cooker

Ada bermacam masakan lezat khas nusantara Indonesia yang berbahan dasar beras yang dimasak menjadi nasi, baik dengan ditambah bumbu dan rempah-rempah atau dengan dibungkus daun, seperti nasi uduk yang khas berasal dari daerah Jakarta atau Betawi, nasi Jamblang khas Cirebon, nasi timbel khas Bandung, nasi Liwet khas Solo, dan lainnya.

Kali ini saya akan menyampaikan bagaimana cara membuat nasi liwet praktis dengan menggunakan rice cooker. Rasanya yang gurih bisa dijadikan santapan lezat bersama keluarga ataupun kerabat. Untuk menu pendampingnya, bunda bisa memvariasikannya sesuai dengan keinginan bunda serta kegemaran keluarga. Di sini saya akan menambahkan beberapa menu pendamping sederhana. Seperti tahu dan tempe goreng, telur dadar, ikan bakar, dan lalapan beserta sambalnya.

Sebenarnya untuk bumbu-bumbu nasi liwet, bunda bisa menambahkan atau mengurangi, disesuaikan dengan selera bunda.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi liwet adalah :

500 gr beras
8 siung bawang merah
6 siung bawang putih
3 buah cabe merah/sesuai selera
3 buah cabe hijau/sesuai selera
1 ons teri nasi/teri medan/ikan peda
5 helai daun salam
2 batang serai
Minyak untuk menumis
Garam secukupnya
Santan (jika ingin)

Menu pendamping :

Tahu
Tempe
Telur
Ikan gurame
Cabe
Tomat
Sayuran : pokcoy, jagung manis, labu siam kecil, wortel
Atau sayuran lainnya sesuai selera

Cara membuat nasi liwet :

1. Bawang merah, bawang putih, dan cabe diiris-iris, atau bisa juga semuanya dengan dipotong-potong agak besar. Dapat pula ditambahkan cabe rawit wungkul. Sisihkan.
2. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe, masukkan pula ikan teri atau ikan pedanya. Masak hingga matang dan tercium aromanya. Matikan api dan sisihkan.
3. Cuci bersih beras, masukkan dalam rice cooker, tambahkan air secukupnya (air santan jika ingin nasi lebih gurih). Masukkan tumisan bawang dan teri, masukkan pula daun salam dan serainya. Tambahkan garam jika perlu. Jangan lupa, klik tombol cook.
4. Sambil menunggu nasi matang, goreng tempe, tahu, dan telur dadar.
5. Untuk ikan panggang/bakar, lumuri ikan dengan bumbu-bumbu seperti: bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, merica, ketumbar, tambahkan madu dan kecap. Lalu panggang/bakar, dan masak hingga matang.
6. Untuk lalapan, rebus sayuran hingga matang.
7. Untuk sambal : tumis bawang merah, bawang putih, cabe, tomat, beri terasi bila suka. Haluskan, tambahkan gula dan garam.

Hmmmm… sedapnyaaa.. nasi liwet praktis dengan terinya siap disantap!
Diletakkan di atas hamparan daun pisang dan dimakan bersama-sama, akan menambah nikmat dan menambah selera makan.
Mari makan.. 😊

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts