Membuat Tempat Pensil dari Bahan Jeans dan Kain Perca

Membuat Tempat Pensil dari Bahan Jeans dan Kain Perca

Masih ingat tulisan saya tentang cara Membuat Bros Bunga dari Kain Perca di aMuslima beberapa waktu lalu? Sekarang saya ingin berbagi lagi bagaimana memanfaatkan kain-kain perca tersebut dalam bentuk lain. Kali ini akan saya padu padankan dengan bahan jeans untuk membuat tempat pensil yang unik dan bermanfaat.

Kalau ada celana atau rok jeans, juga kain-kain perca yang sudah tidak terpakai, jangan cepat-cepat dibuang ya bun.. Karena bisa kita buat sesuatu yang bermanfaat.

Memanfaatkan celana jeans bekas

Pertama-tama, gunting bagian celana atau rok jeans yang cacat atau robek, ambil bagian yang bisa dimanfaatkan. Kita sisihkan dulu ya, bunda dan ukhty sholihah. Selanjutnya kumpulkan juga kain-kain perca yang bunda suka akan motifnya.

Sekarang kita siapkan seluruh bahan-bahannya :

Bahan-bahan untuk membuat tempat pinsil dari bahan jeans dan kain perca

1. Bahan jeans
2. Kain perca (kain motif)
3. Resleting, warna sesuai selera
4. Benang jahit
5. Benang sulam
6. Jarum jahit
7. Jarum pentul
8. Gunting
9. Kancing warna
10.Alat pendedel, jika diperlukan
11.Mesin jahit

Cara membuatnya:

1. Gunting bahan jeans membentuk persegi panjang dengan ukuran panjang sekitar 24 cm. Bisa juga kita sesuaikan dengan panjang ritsleting yang akan kita gunakan. Di sini saya menggunakan ritsleting ukuran 24 cm. Lalu ukuran lebar bahan jeansnya 12 cm. Buat sebanyak 2 buah.

2. Lakukan hal yang sama pada kain perca, gunting dengan ukuran yang sama seperti bahan jeans di atas. Buat sebanyak 2 buah juga. Kain perca ini akan kita jadikan lapisan dalamnya.

3. Berikutnya, ambil potongan kain perca dan gunting membentuk bunga dan daun, yang nantinya akan kita aplikasikan di atas bahan jeans untuk hiasannya. Bunda dan ukhty bisa berinovasi sendiri untuk hiasannya. Bisa gambar buah, kupu-kupu; untuk princess-nya bunda, atau pun mobil, kereta; untuk jagoan kecilnya bunda 😊. Oh iya, hiasannya juga bisa dari kain flannel ya.

4. Siapkan pula kain perca dengan ukuran panjang 20 cm dan lebar 4 cm. Ini untuk talinya ya bun..

5. Setelah kain perca berbentuk bunganya sudah jadi, kita letakkan di atas bahan jeansnya. Sematkan jarum pentul agar kain perca bunga tidak bergeser. Lalu jahit pinggiran bunga dengan cara jahit festoon dengan menggunakan benang sulam. Kalau ingin jahit dengan mesin jahit, bisa juga kita gunakan jahit zigzag rapat. Usahakan warna benangnya sama dengan warna ritsletingnya ya. Untuk putiknya bisa kita letakkan kancing di tengahnya.

6. Setelah itu, kita buat tangkai bunga menggunakan benang sulam warna hijau dengan menggunakan tekhnik tusuk tikam jejak atau tusuk batang. Jangan lupa pula untuk menempelkan daunnya, dan jahit pinggirannya dengan warna benang seperti pada bunga.

7. Setelah kita selesai menempelkan aplikasi bunga, sekarang saatnya menjahit ritsleting. Oh iya, jangan lupa untuk menyatukan terlebih dahulu bahan jeans dengan kain perca sebagai lapisan dalamnya. Gunakan jarum pentul untuk menyatukannya agar bahan tidak bergeser, atau bisa juga kita jahit jelujur terlebih dahulu bagian yang akan kita jahit dengan mesin nantinya.

8. Letakkan ritsleting di antara dua kain tersebut. Sematkan jarum pentul atau jahit jelujur. Hati-hati jangan sampai salah posisi untuk pemasangan ritsletingnya ya. Lanjutkan dengan menjahit ritsleting dengan menggunakan mesin.

9. Untuk bagian pinggir-pinggir kain agar tidak terurai benangnya, bisa kita obras, atau jahit rangkap, atau jahit feston.

10. Langkah terakhir adalah menyatukan kedua sisi tempat pinsil. Bagian luar kita letakkan di dalam. Jangan lupa meletakkan talinya di posisi dalam bagian luar. Jadi kita menjahit dari bagian dalam yang nampak kain percanya. Setelah selesai kita jahit sekeliling tempat pinsilnya, lalu kita balikkan kain melalui jalan ritsleting.

Yes!!.. tempat pensil paduan bahan jeans dan percanya sudah jadiii..
Bagaimana?.. mudah bukan cara membuatnya?.. Cantik, lucu, dan imut kaan?.. 😄😍

Baik, bunda dan ukhty sholihah, selamat berkreasi! 😘

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts