Membuat Tempat Tissue dari Kain Perca

Membuat Tempat Tissue dari Kain Perca

Assalamu’alaikum bunda dan ukhty sholihah pembaca setia aMuslima. Bagaimana kalau kita berkreasi lagi mengolah kain perca?.. Sayang kan, kalau ada sisa kain terbuang begitu saja? Atau lapuk dimakan waktu. Lebih baik kita buat sesuatu yang berguna. 😊

Bunda dan ukhty pasti sering menggunakan tissue, baik untuk menyeka keringat, melap percikan air, membersihkan tangan adik yang kotor atau untuk keperluan lainnya. Terkadang tissuenya menjadi berantakan karena hanya dibungkus plastik yang mudah koyak jika terkena gesekan di dalam tas.

Supaya tissuenya tidak berantakan, bagaimana kalau kita buat wadah atau tempat tissue dari kain perca. Selain membuat penampilan jadi lebih cantik, tissue kita pun tak kan berantakan lagi.

Sekarang kita siapkan bahan-bahannya yaa..

1. Kain perca motif atau polos
2. Resleting
3. Renda atau pita, atau kancing untuk hiasan
4. Jarum jahit
5. Benang jahit
6. Jarum pentul
7. Pendedel jika diperlukan
8. Gunting
9. Mesin jahit / jahit tangan
10. Centimeter (meteran)

Cara membuatnya :

Cara membuat tempat tissue, serta hasilnya yang menggunakan hiasan dan tanpa hiasan

1. Gunting kain perca dengan ukuran panjang 30 cm dan lebar 26 cm. Buat sebanyak 2 helai. Yang satu untuk bagian permukaan, dan yang satunya lagi untuk di bagian dalamnya yaa..

2. Kalau bunda ingin menggunakan renda atau pita sebagai hiasannya, maka gunting pita sepanjang lebar kain. Letakkan sejajar seperti pada gambar, kira-kira jaraknya sekitar 4 cm dari tempat pemasangan resleting. Bisa kita gunakan jarum pentul terlebih dahulu agar renda atau pita tidak bergeser, selanjutnya kita jelujur, lalu baru jahit mesin.

3. Setelah renda atau pita terpasang, ambil lagi helaian kain yang satunya untuk di bagian dalam. Buat rangkap dua, usahakan posisi tetap dan tidak bergeser ya.. bisa kita bantu dengan menggunakan jarum pentul.

4. Pasang resleting di bagian lebar kain. Di sini saya menggunakan resleting ukuran 24 cm. Buat seperti kain bertumpang untuk menutupi badan resleting. Gunakan jarum pentul saat memasang resleting, bisa kita jelujur terlebih dahulu atau langsung kita jahit mesin.

5. Setelah resleting terpasang, letakkan posisinya tepat di tengah-tengah kain. Hingga bentuknya menjadi lipatan persegi panjang. Selanjutnya jahit posisi kanan dan kiri kain dari bagian dalamnya, lalu pinggirannya kita obras atau jahit festoon.

6. Terakhir kita balikkan kain melalui badan resleting. Untuk sudut-sudut kain yang kurang lancip, bisa kita bantu dengan jarum atau ujung pendedel untuk menarik kain di bagian sudut. Tapi hati-hati yaa jangan sampai rusak. Lalu kita masukkan travel tissue nya.

Ini diaaa.. tempat tissue dari kain percanya siap untuk digunakan. Bagaimana bunda dan ukhty sholihah, mudah bukan cara membuatnya?.. Pasti bunda dan ukhty bisa lebih cantik lagi membuatnya. Kalau sudah kotor, tempat tissuenya bisa kita cuci. Ayoo buat yang banyak, biar tempat tissue nya bisa ganti-ganti.

Silahkan mencoba yaa.. 😍😘

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts