Menghias Toples untuk Lebaran

Menghias Toples untuk Lebaran

Bunda dan ukhty punya toples plastik atau toples beling yang sudah agak kusam? Atau toples-toples peninggalan orang tua yang rasa-rasanya sudah ga update lagi?.. sehingga anda ingin membuangnya?.. Eiit, tunggu dulu yaa..

Toples-toples lama yang akan kita hias

Toples-toples itu bisa kita bikin kembali cantik lhoo.. Bisa kita pergunakan kembali untuk tempat kue-kue kering khas lebaran. Bunda dan ukhty juga bisa memodifikasinya sesuai dengan keinginan bunda dan ukhty agar nampak lebih cantik. Kali ini saya akan berikan tips membuat hiasan toples yang paling simple dan sederhana.

Bahan-bahan yang kita butuhkan adalah :

Bahan-bahan yang diperlukan untuk menghias toples

1. Kain polos atau motif
2. Gunting
3. Benang
4. Jarum jahit
5. Lem uhu / lem tembak
6. Renda
7. Pita
8. Korek api/lilin, alat ini dapat digunakan buat kain yang mengandung bahan plastik.
9. Toples yang akan kita hias

Cara membuatnya :

Langkah-langkah menghias toples

  1. Untuk hiasan tutup, letakkan tutup toples di atas kain, buat pola melingkar dengan melebihkan ukuran keliling sekitar 2-3 cm. Gunting melingkar mengikuti pola yang sudah kita buat.
  2. Panaskan pinggiran kain dengan menggunakan korek api atau lilin yang menyala, agar kain tidak berserabut. Untuk kain katun, anda bisa mengobras bagian pinggir lingkaran.
  3. Setelah selesai proses kedua, kita lanjutkan proses ketiga, yaitu memberi renda di bagian pinggir lingkaran. Ikuti arah melingkar dengan cara membuat tekukan-tekukan pada renda dengan cara menjahit/menyatukan renda dengan kain. Bunda dan ukhty bisa menggunakan mesin jahit, atau cukup dengan jahit tangan. Kalau jahit tangan prosesnya bisa dengan cara tusuk jelujur.
  4. Setelah renda terpasang dì sekeliling lingkaran, maka langkah selanjutnya adalah menutup jahitan renda dengan menggunakan pita. Nah, untuk pitanya, kita cukup menempelkan saja ke bagian atas renda dengan menggunakan lem. Rekatkan ke seluruh sisi lingkaran hingga selesai. Setelah itu tempelkan kain lingkaran yang sudah jadi pada tutup toples dengan cara dilem. Bagian tutup pun sudah jadi.
  5. Langkah selanjutnya adalah membungkus bagian badan toples. Caranya sama dengan tutup. Letakkan badan toples di atas sehelai kain, tarik sisi kain ke atas, hingga menutupi sisi toples. Buat ukuran dan polanya, jangan lupa lebihkan untuk lipatan pada pinggir mulut toples.
    Agar kain tidak bergeser, anda dapat memberi lem di sisi-sisi toples, sambil membentuk kain mengikuti badan toples.
  6. Untuk bagian pinggir mulut toples, sisa kain yang menonjol ke atas, bisa langsung kita lipat ke dalam, sejajar dengan mulut kain beri lem agar kain merekat pada toples.
  7. Untuk tahap akhir, beri pita pada pinggir mulut toples agar nampak cantik. Bunda dan ukhty pun bisa menambahkan aplikasi-aplikasi lain di bagian badan toples, dengan cara seperti menempel gambar bunga, buah dan lainnya.

Badan toples dan tutupnya yang sudah jadi

Yeaay.. toples hias kita sudah jadi!.. 😍. Bagaimana, cukup simple dan praktis bukan?.. Sekarang siap diisi dengan kuker-kuker khas lebaran.
Oh iya, di sini saya tampilkan juga hiasan toples lain, baik dari kain motif, juga dari kain flanel. Mungkin bisa menginspirasi bunda dan ukhty.

Contoh-contoh toples yang telah dihias dengan cantik

Selamat berkreasi ya bunda dan ukhty sholihah 😘.

Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT. Aamiin aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin..
Ramadhan Kareem.. ❤ & Eid Mubarak!

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts