Nabeez Minuman Sehat Ala Rasulullah

Nabeez Minuman Sehat Ala Rasulullah

Sudah sejak lama masyarakat Arab Saudi mengkonsumsi Nabeez (Nabidh) yang sekarang menjadi trending topic di media sosial, blackberry messenger, ataupun whatsapp message. Lebih dari 20 tahun, terutama di bulan puasa, kami pun membuatnya atau membeli di tempat tertentu khusus menjual Nabeez kurma atau kismis yang populer dengan nama Zabib.

Nabeez (Nabidh) adalah salah satu minuman yang menyehatkan, menyegarkan terlebih minuman kesukaan Rasulullah, selain minuman Rosella, yoghurt dan jus-jus buah lainnya yang hampir setiap hari tersedia di dalam hidangan berbuka puasa secara bergantian.

Dalam beberapa hadits disebutkan bahwa Rasulullah, Shallallahu alaihi wasallam, menyukai air rendaman kurma atau kismis yang disebut Nabeez ini. Sehingga mengkonsumsi Nabeez juga bagian dari menjaga kesehatan ala Rasulullah (diet ala Rasulullah).

Aisyah pernah ditanya tentang Nabeez, kemudian ia memanggil seorang wanita pelayan asal Habasyah. “Bertanyalah kepada wanita ini!” Kata Aisyah. “Karena ia dahulu pernah membuat Nabeez untuk Rasulullah, Shalallahu ‘alaihi wasallam,” tambahnya. Lalu wanita asal Habasyah itu berkata, “Aku pernah membuat Nabeez untuk beliau dalam sebuah kantung kulit pada malam hari. Kemudian aku mengikatnya dan menggantungnya. Lalu di pagi harinya beliau, Shalallahu ‘alaihi wasallam, meminumnya. ”Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah, Shalallahu ‘alaihi wasallam, di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (HR Muslim).

Jadi, air Nabeez adalah air rendaman (infused water) kurma / kismis (raisins).  Kurma atau kismis di rendam dalam air masak semalaman (dalam wadah yang bertutup) dan diminum keesokan hari.

Nabeez merupakan tonik alkalizing, memiliki kecenderungan untuk menghapus keasaman dari perut dan sistem pencernaan dan juga membantu menghilangkan limbah metabolik lainnya dari tubuh. Hal ini meningkatkan kesehatan pencernaan karena kaya akan serat (fiber) dan dapat memperkuat memori (ingatan) kita, dapat membantu fungsi limpa, hati, tenggorokan, dada dan prostat, dan sangat baik untuk laki-laki. Nabeez juga akan bermanfaat bagi pasien Arthritis dan mencegah peningkatan kadar asam urat (gout). Nabeez sebagai pemberi dan pemulih tenaga (inilah sebabnya disunnahkan kita berbuka puasa dengan memakan kurma).  Kurma juga pemberi zat besi yang sangat bagus, kaya pottassium yang penting untuk  penjagaan jantung dan menstabilkan tekanan darah.

Ajwa

Ajwa

Dengan merendam kurma atau kismis dalam air maka akan menjadi minuman manis yang enak, segar dan menyehatkan dan kurma/kismis menjadi melunak, melepaskan vitamin dan mineral sehingga lebih mudah untuk dicerna.

‘Ajwa’ (kurma nabi) adalah kurma terbaik untuk digunakan jika membuat Nabeez dengan membuang bijinya. Selain ajwa, jenis kurma lain seperti sukkari, saq’i, mabroom, atau jenis kurma lainnya dapat pula digunakan untuk membuat Nabeez.

Sabda Rasulullah, Shalallahu ‘alaihi wasallam:

“Barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurma Ajwa, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu”. (Riwayat Shahih Al-Bukhari)

Manaqqa

Manaqqa

‘Manaqqa’ adalah jenis terbaik kismis untuk membuat Nabeez, tetapi kismis hitam juga dapat digunakan, dan tidak ada salahnya kita membuat variasi dengan berbagai jenis kismis.

Cara terbaik membuat Nabeez adalah dengan merendam sekitar 100 gram kurma atau kismis (jangan dicampur, pembuatan masing-masing dalam wadah terpisah) dalam 1 liter air minum pada malam hari, tutup wadah dan simpan dalam kulkas atau di tempat yang dingin. Keesokan pagi  saat sahur dapat diminum. Atau rendam pagi hari, sehingga saat berbuka puasa sudah dapat diminum dan buah rendaman dapat dimakan. Kadang kami menggunakan blender sehingga menjadi jus yang lezat.

Nabeez harus dikonsumsi dalam waktu maksimal 12 jam dari waktu perendaman, namun jika disimpan kedap udara di dalam kulkas  tidak akan rusak selama 2-3 hari in syaa Allah. Nabeez tidak boleh dibiarkan selama lebih dari 2-3 hari di luar kulkas karena akan mulai fermentasi, yang merupakan awal dari proses pembuatan bir alkohol. Ini adalah haram dan dilarang untuk dikonsumsi. Jadi membuatnya secukupnya saja untuk sekali atau dua kali minum, agar tetap fresh (segar) dan menyehatkan sesuai minuman dan diet ala Rasulullah.

Bila ingin tetap sehat dan prima selama bulan puasa, minumlah Nabeez, selain enak, menyehatkan, menyegarkan, dan yang utama adalah termasuk salah satu minuman kesukaan Rasulullah (Sunnah Rasulullah yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa).

Selamat mencoba

Qathrun Nada Djamil

Setelah menyelesaikan S1 nya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Qathrun Nada Djamil menetap di Jeddah-Saudi Arabia bersama suami, 3 orang putra dan seorang putrinya. Kemudian menyelesaikan diploma Business English di Business Training Limited –England. Membaca adalah hobbynya dan mulai menulis secara otodidak di note Face Book kemudian bergabung dengan aMuslima.com pada tahun 2011. Awal tahun 2015 Qathrun Nada Djamil menjadi salah satu editor buku Apa judul buku ini karya Tupon Dj.

Related Posts