Pilih Apel Merah atau Apel Hijau?

Pilih Apel Merah atau Apel Hijau?

Apel apa pun jenis dan warnanya dikenal sebagai salah satu buah yang menyehatkan untuk dikonsumsi. Di antara beragam jenis apel yang ada di pasaran, apel merah dan apel hijau merupakan jenis apel yang paling populer dan paling digemari. Tapi tahukah Anda mana yang lebih menyehatkan, apel merah atau apel hijau?

Tidaklah sulit menemukan apel merah dan apel hijau di pasaran. Kedua jenis apel ini mudah dijumpai di supermarket maupun di pasar buah. Banyak orang mengenal apel sebagai salah satu buah yang kaya manfaat bagi kesehatan, antara lain bagus untuk tulang dan gigi, mata, jantung dan bagus untuk organ krusial lainnya di tubuh manusia.

Dilansir www.ask-thenutritionist.com, mengonsumsi apel bagus untuk kesehatan jantung. Apel kaya serat yang larut dalam air bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga bagus untuk kesehatan kardio vaskular. Apel juga menjadi buah terbaik untuk membantu detoksifikasi hati yang berperan mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh.

Sebagai buah yang keras ketika digigit, apel bisa menstimulasi produksi air liur dalam mulut yang membantu memperkecil peluang terkikisnya gigi dan mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Menggigit dan mengunyah apel juga membantu membersihkan gigi secara alami.

Apel juga terkenal dengan manfaatnya untuk melawan kanker usus besar, payudara dan hati karena kaya kandungan trierpenoids yang menjadi zat alami anti kanker. Selain itu mengonsumsi setidaknya satu buah apel ukuran sedang per hari bisa menurunkan risiko berkembangnya diabetes tipe 2 sebesar 25% terutama pada perempuan.

Sementara manfaat apel yang paling populer dikalangan perempuan adalah membantu menurunkan berat badan. Apel memiliki kandungan serat tinggi yang bagus dikonsumsi untuk membantu upaya penurunan berat badan.

Berkaca pada manfaat apel yang begitu banyak untuk kesehatan, banyak yang bertanya-tanya apakah ada perbedaan kandungan nutrisi pada apel merah dan apel hijau? Lalu mana yang lebih menyehatkan, apel merah atau apel hijau?

Menilik pada kandungan gula, apel hijau memiliki kandungan gula dan glukosa yang lebih rendah jika dibandingkan apel merah. Namun perlu diketahui bahwa gula pada buah bagus untuk kesehatan karena tidak ada kandungan kalorinya. Beda dengan gula putih yang mengandung empat kalori per gramnya.

Sementara karbohidrat pada apel hijau hampir setara dengan apel merah yaitu dikisaran 15 gram per satu cangkir apel potong. Dilansir www.livestrong.com, berdasarkan laporan USDA, satu cangkir apel hijau potong mengandung 14,83 gram karbohidrat sedangkan apel merah mengandung 15,33 gram karbohidrat.

Perbedaan paling mencolok antara apel merah dan apel hijau diperkirakan pada kandungan kimia di kulit apel. Apel merah mengandung anthocyanin sedangkan apel hijau tidak. Apel hijau juga memiliki kandungan antioksidan lebih sedikit dibandingkan apel merah.

Jadi jika Anda berisiko terkena diabetes atau mengalami diabetes maka apel hijau menjadi pilihan paling tepat karena lebih rendah gula dan lebih rendah antioksidan. Sementara apel merah menjadi pilihan sempurna bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan gula buah yang lebih banyak bisa digunakan sebagai alternatif pengganti snack tidak sehat.

Namun apel hijau dipercaya memiliki manfaat ekstra antara lain menyembuhkan diare, konstipasi terutama pada anak-anak serta menyembuhkan rematik. Apapun pilihan Anda, apel merah atau apel hijau sama-sama menyehatkan. Sesuaikan pilihan dengan kondisi, kebutuhan dan kemampuan daya beli masing-masing.

Aeranie Nur Hafnie

Dunia jurnalistik pernah ditekuni perempuan yang akrab disapa Ranie selama 10 tahun. Alumnus Ilmi Komunikasi FISIP UNS ini pernah menjadi jurnalis surat kabar di Solo dari tahun 2004 hingga 2015. Dia suka travelling dan selalu terpesona dengan keindahan pantai, alam bawah laut dan senja.

Related Posts