Roti Goreng Isi Raghout

Roti Goreng Isi Raghout

Kalau sebelumnya saya menulis tentang membuat roti goreng dengan isian manis, maka resep yang kedua ini adalah roti dengan isian gurih. Kali ini saya membagikan resep roti goreng isi raghout yang cocok untuk camilan sehat keluarga atau bekal sekolah Si Kecil.

Roti goreng raghout ini juga bisa digunakan untuk menyiasati agar anak-anak doyan makan sayur loh bunda. Langsung saja kita ikuti langkah-langkah pembuatannya yuk.

Bahan-bahan yang kita perlukan adalah :

5-10 Lembar roti tawar
1 Buah wortel
1 Buah kentang
5 Buah buncis, bisa ditambah dengan jagung manis pipilan atau sebagai pengganti sayuran lainnya.
3 Buah sosis, bisa diganti dengan ayam atau daging asap.
1/2-1 Buah bawang bombay
3 siung Bawang putih
Merica bubuk secukupnya
Pala bubuk secukupnya
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Mentega untuk menumis bahan isian
Telur
Tepung panir
Minyak goreng

Cara membuat:

1. Mula-mula wortel, kentang, buncis dan sosis dipotong kotak-kotak. Iris tipis bawang bombay dan bawang putih. Sisihkan.
2. Panaskan mentega dalam wajan/penggorengan. Masukkan irisan bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga harum.
3. Masukkan wortel, kentang, buncis, dan sosis yang telah dipotong-potong. Tambahkan merica dan pala bubuk serta gula dan garam sesuai selera. Masak hingga matang. Angkat. Letakkan dalam wadah.
4. Ambil selembar roti, giling dan pipihkan seperti pada pembuatan roti dengan isian manis. Lakukan hal yang sama pada lembaran roti yang lain.
5. Masukkan 1 sdm isian raghout ke dalam roti, lalu gulung. Seperti membuat risol. Beri sedikit telur di bagian sisi untuk merekatkan gulungan.
6. Celupkan roti ke dalam telur yang sudah dikocok lepas. Angkat. Lalu masukkan ke dalam tepung panir. Guling-gulingkan hingga roti tertutup panir seluruhnya.
7. Panaskan wajan, lalu goreng roti gulung tadi hingga berwarna kuning kecoklatan.
8. Sajikan bersama saos tomat untuk si kecil.

Bunda pun bisa ikut mencicipi roti goreng ini bersama si kecil, dengan menambahkan saos cabai atau cabai rawit. Dan rasanya jadi tak ingin berhenti mengunyah.

Silahkan mencoba ya bunda.

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts