Tips Belajar Aikido dengan Mudah

Tips Belajar Aikido dengan Mudah

Aikido merupakan salah satu olahraga beladiri yang cocok dan aman dipelajari perempuan. Selain tidak membutuhkan tenaga besar, seni beladiri dari Jepang yang menekankan pada prinsip kelembutan ini juga mudah dipelajari oleh perempuan. Instruktur aikido di Dojo Shoshin Solo, Erwina Tri, membagikan beberapa tips belajar aikido dengan mudah. Ini dia tipsnya:

1. Peregangan Sebelum Berlatih

Sebelum berlatih ada yg dinamakan aiki taiso yaitu senam peregangan untuk aikido. Sesi ini harus dilakukan secara benar agar otot tubuh teregang, panas dan rileks. Sesi ini wajib dilakukan supaya tidak ada ketegangan otot yang memungkinkan timbulnya cedera. Dalam aiki taiso juga terdapat sejumlah latihan yg menjadi inti atau dasar dari aikido, seperti teknik kuncian, lepasan, pergerakan kaki, pergerakan keseimbangan tubuh, dan sebagainya.

2. Pakailah Gi dari Bahan Kuat & Longgar

Saat berlatih pakailah gi atau baju latihan untuk aikido yang sesuai standar dan pilihlah model gi yang longgar serta terbuat dari bahan yang relatif kuat agar tidak mudah sobek. Intinya gi perlu dipakai untuk kenyaman praktisi saat berlatih.

Desain dari gi memang dirancang pas untuk aktifiitas latihan beladiri yang memungkinkan dilakukannya banyak gerakan-gerakan di luar aktivitas harian pada umumnya, seperti latihan kuda kuda (kaki mengangkang), berguling, latihan jatuhan, ukemi (berguling ke depan dan belakang), dan seterusnya.

3. Konsentrasi Saat Latihan

Berlatih aikido membutuhkan konsentrasi tinggi terutama pada level awal. Konsentrasi diperlukan untuk menghapal teknik yang memakai bahasa Jepang dan gerakan dari teknik yang cukup rumit. Oleh karena itu selama berlatih di dojo, seorang praktisi harus benar-benar “berada” di dojo secara fisik maupun pikiran dan batin. Supaya cepat menguasai teknik sebaiknya praktisi berlatih dua kali seminggu dengan durasi latihan minimal 1 jam 30 menit di setiap latihan.

4. Pendinginan Setelah Latihan

Seperti beladiri maupun olahraga lain pada umumnya, lakukan pendinginan setelah berlatih. Hal yang perlu diingat adalah tidak boleh melatih teknik sendiri tanpa ada pengawasan dari instruktur.

Bagi yang ingin belajar aikido semoga tipsnya bermanfaat ya.

Aeranie Nur Hafnie

Dunia jurnalistik pernah ditekuni perempuan yang akrab disapa Ranie selama 10 tahun. Alumnus Ilmi Komunikasi FISIP UNS ini pernah menjadi jurnalis surat kabar di Solo dari tahun 2004 hingga 2015. Dia suka travelling dan selalu terpesona dengan keindahan pantai, alam bawah laut dan senja.

Comment ( 1 )
  1. wulan
    March 25, 2016 at 3:46 pm

    aikido ini untuk semua umur atau ada batasan umur?gimana cara daftarnya kemudian untuk biaya nya berapa?mohon informasinya

Related Posts