10 Dekorasi Ramadan Khas Saudi

10 Dekorasi Ramadan Khas Saudi

Ramadan adalah bulan penuh rahmat, penuh berkah, dan umat Muslim seluruh dunia akan berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah tidak hanya menahan hawa nafsu, menahan lapar dan dahaga, namun juga amaliah lain dengan hanya mengharap ridho Allah SWT semata. Setiap datang Bulan Suci Ramadan, di Jeddah maupun di wilayah-wilayah lain Saudi Arabia sudah dihiasi dekorasi Ramadan di setiap supermarket, pertokoan, mall, bahkan di gang-gang perkampungan sejak Bulan Sya’ban hampir berakhir.

Warna merah menjadi ikon dekorasi Ramadan khas Saudi. Ornamen yang unik dengan kombinasi biru, hitam, kuning, putih, dan aksen hijau menjadi warna yang mendominasi di setiap souvenir-souvenir Ramadan. Bila anda berkunjung ke Saudi untuk umroh di Bulan Ramadan, maka tidak hanya buah kurma yang mulai tumbuh di sepanjang jalan, tetapi juga lentera-lentera indah serta ornamen di mall-mall yang mempercantik pemandangan kota terutama di malam hari.

Pasar-pasar yang menjual dekorasi Ramadan di Jeddah biasanya di Souk (pasar) Shatee, Hindawiyah, Mahmoud Saeed, dan masih banyak pasar lain yang bukan menjadi destinasi jama’ah umroh atau haji di Jeddah. Warga Saudi senang menghias rumahnya dengan nuansa Ramadan untuk mempercantik ruangan terutama karena seringnya mereka berkumpul mengundang sanak saudara untuk sahur atau buka puasa bersama. Dekorasi Ramadan ini juga dapat memberi semangat buat anak-anak agar kenangan indahnya menjalani ibadah di Bulan Ramadan. 10 item yang biasa menghiasi sudut rumah-rumah Saudi seperti,

1. Lentera

Lentera dengan berbagai macam bentuk dan desain ini merupakan tempat lilin atau ada juga yang memiliki kabel listrik sebagai lampu meja atau diletakkan di lantai bila lenteranya berukuran besar.

Lentera khas Saudi dan Mesir. Foto: Junia

2. Tempat makanan/hadiah

Berbahan kaleng namun didesain ornamen Ramadan dan hanya dijual di Bulan Ramadan saja. Kaleng-kaleng ini macam-macam bentuknya, dari yang kotak kecil seperti ukuran kaleng kartu, bulat kecil, hingga ukuran besar untuk diisi makanan, coklat, permen atau untuk tempat hadiah.

Kaleng Ramadan. Foto: Junia

3. Tea set

Orang Saudi senang dengan segala hal yang serasi di meja makan. Bila perlu, semuanya 1 set, termasuk teko dan cangkir-cangkirnya. Harga-harganya pun terjangkau.

Teko cantik set. Foto: Junia

4. Cangkir kopi/teh

Cangkir tanpa pegangan ini memang mirip dengan cangkir orang Cina, namun orang Arab juga menggunakan cangkir ini untuk menjamu tamu-tamu saat minum gahwah (kopi Arab) dan sai (teh).

Cangkir tanpa pegangan. Foto: Junia

5. Taplak

Taplak meja meteran ini disediakan hanya khusus di Bulan Ramadan. Pembeli bisa membeli sesuai dengan ukuran meja masing-masing yang diinginkan.

Taplak meja. Foto: Junia

6. Tissue

Tissue makan pun tidak kalah ikut menghiasi meja makan keluarga Saudi di saat menjamu tamu-tamu berbuka puasa bersama.

Tissue kertas. Foto: Junia

7. Piring, dekorasi kertas, gelas

Bila mengundang banyak tamu, agar lebih praktis mereka memakai piring-piring dan gelas kertas yang bernuansa Ramadan. Dekorasi bendera-bendera kecil pun bisa meramaikan suasana ruang jamuan.

Piring kertas dan dekorasi bendera. Foto: Junia

8. Gantungan

Gantungan berbentuk boneka ini bisa digantung di tangkai tanaman hias atau sebagai hadiah anak-anak.

Gantungan berbentuk boneka. Foto: Junia

9. Lampu-lampu gantung

Lampu-lampu berbahan plastik tipis ini disambungkan dengan kabel listrik dan biasa digantung di sisi ruangan atau di langit-langit rumah sebagai dekorasi yang indah. Ukuran dan warnanya pun bermacam-macam, dari yang kecil hanya sepanjang 3 cm, hingga ukuran besar seperti layangan dan ringan.

Lentera gantung. Foto: Junia

10. Hiasan dan variasi lainnya

Bantal kursi tamu pun tidak kalah meriah. Banyak variasi ornamen bantal, tidak hanya dominasi merah tetapi juga ada warna gelap yang bertuliskan Ramadan Kareem. Begitu pula pernak-pernik kecil seperti baki kecil, tas kertas, basket kecil dan masih banyak lagi variasi lainnya.

Bantal dan variasi dekorasi lain. Foto: Junia

Anda pun bisa memiliki sudut ruangan yang dihias indah dengan ornamen yang dibuat sendiri di rumah, atau mengumpulkan souvenir-souvenir khas yang tersedia dan bisa menjadikan suasana Ramadan ini lebih menyenangkan seperti di sudut rumah sederhana kami ini.

Mengumpulkan beberapa souvenir yang ditata ulang

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ibadah kita diterima Allah SWT. Aamiin ya Robb.

Marhaban ya Ramadan

Delina Partadiredja

Menulis sudah menjadi bagian hidupnya sejak masih duduk di bangku SD. Mulai SMA, Delina aktif menyumbangkan tulisannya di majalah sekolah dan majalah dinding. Setelah lulus SMA, Delina melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi, UGM Yogyakarta, kemudian MBA Finance di University of Leicester. Dunia jurnalistik dipelajari secara otodidak dan langsung terjun membuat tabloid saat masih kuliah berkolaborasi dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Delina sempat aktif menulis di Eramuslim.com, beberapa buku antologi telah diterbitkan seperti Menembus Batas Logika (eramuslim), Sedekah Senyum (bersama dengan Asma Nadia dan diterbitkan oleh Republika), dan the Muslimah Speaks (Mindswork Publishing). Kini Delina tinggal di Saudi Arabia. Bersama partnernya Gemi Hartojo dan didukung oleh para penulis yang berasal dari banyak negara membesarkan amuslima.com versi Bahasa Inggris serta indo.amuslima.com. Email: delina@amuslima.com FB: Delina Partadiredja Twitter: DelinaDelina Linkedln: Delina Partadiredja Skype: Delina Partadiredja

Related Posts