Menyulap Wadah Plastik Bekas Menjadi Tempat Alat Tulis

Menyulap Wadah Plastik Bekas Menjadi Tempat Alat Tulis

Terkadang di rumah kita ada saja barang yang sudah tidak terpakai, seperti botol plastik, botol kaca, toples, kaleng, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang barang-barang yang nampaknya sudah tidak bisa digunakan lagi ternyata bisa dialihfungsikan menjadi barang yang berguna atau bahkan bernilai jual. Salah satunya dengan menyulap wadah plastik bekas menjadi tempat alat tulis.

Nah, di sini saya akan mengajak bunda dan ukhti sholihah untuk memanfaatkan wadah bekas kanebo, tapi bukan kanebo merk makeup ya namun sejenis lap yang mudah menyerap air, yang biasanya digunakan untuk mengeringkan mobil selepas dicuci atau juga membersihkan meja atau dapur. Jika sudah tidak digunakan biasanya wadahnya akan kita buang.

Nah daripada dibuang kita bisa menyulapnya menjadi barang yang bermanfaat. Disini saya membagikan cara menyulap wadah plastik bekas menjadi tempat alat tulis.

Bahan-bahan yang kita perlukan adalah :

Wadah kanebo atau bisa juga botol atau tempat plastik lainnya.
Macam-macam cat warna untuk plastik
Kuas cat
Gunting dan atau cutter
Thinner untuk membersihkan kuas atau mengencerkan cat (jika diperlukan).

Langkah pembuatannya adalah :

1. Bersihkan tempat kanebo plastik, cuci bersih, keringkan. Jika ingin tempatnya lebih rendah, bagian atas bisa kita potong dengan menggunakan cutter. Kemudian kita panaskan bagian yang terpotong dengan menggunakan lilin agar tidak tajam.
2. Gunakan cat untuk plastik. Di sini saya menggunakan cat pylox warna hitam. Semprotkan cat sampai menutupi semua permukaan plastik. Angin-anginkan hingga kering.
3. Siapkan cat beserta kuasnya untuk melukis bagian yang datar dari tempat plastik tersebut.
4. Saya menggambar dengan tema bunga sakura dan bunga mawar. Bisa juga dengan tema buah, hewan, kendaraan, pemandangan, tempat-tempat yang unik dan lain sebagainya.
5. Setelah selesai semua pengerjaannya, angin-anginkan lagi hingga kering.

Yuhuuu akhirnya tempat alat tulisnya siap digunakan. Oh iya, untuk tinggi rendahnya tempat alat tulis, bisa kita sesuaikan dengan alat-alat yang kita masukkan. Misalnya jika digunakan untuk wadah kuas maka memerlukan tempat yang lebih tinggi dibanding pensil atau gunting kecil.

Bagi bunda dan ukhti yang senang melukis. Pasti hasil karyanya akan lebih bagus lagi.

Yuuk kita coba!

Maymunah MNC

Penulis adalah lulusan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah, jurusan Tafsir Hadits. Kecintaannya pada dunia anak digelutinya dengan mengajar anak-anak sekitar rumahnya sejak ia masih Tsanawiyah, atau setingkat dengan SMP. Saat kuliah ia sempat mengajar di sebuah Tsanawiyah. Kini Maymunah tinggal di Jeddah, Saudi Arabia. Sempat menulis untuk Buletin Duta Bangsa yang diterbitkan masyarakat Indonesia di Saudi Arabia. Dalam sebuah kajian bertajuk: Iqra, Keummian Rasulullah, Serta Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Luas. Kumpulan puisinya terangkum dalam buku koleksi pribadinya, Ku Ingin Menciummu. Saat ini bersama anak-anak didiknya yang ia beri nama Rabbbani Education Foundation tengah melakukan kegiatan menulis bersama, di sela-sela kegiatan belajar mengajar. Walau tinggal jauh dari tanah airnya, Maymunah bersama dengan keluarga besarnya tetap ingin menebar manfaat dengan mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah Cirebon, dengan mengutamakan anak-anak yatim dan yang kurang mampu agar tetap dapat menuntut ilmu.

Related Posts